PANGGILAN BUMI & KUBUR


Bismillahir Rahmaa nirrahim

Imam Anas bin Malik ra. mengatakan : "Bahwasanya bumi setiap hari memanggil dengan 10 kalimat. Bumi itu berkata :
  1. Wahai anak cucu Adam, kamu berjalan diatas punggungku, tapi tempat kembalimu didalam perutku.
  2. Kamu melakukan maksiat diatas punggungku dan kamu disiksa dalam perutku.
  3. Kamu bergurau diatas lambungku, tapi kamu menangis dalam perutku.
  4. Kamu makan barang haram diatas punggungku, tapi seluruh singgat memakan kamu dalam perutku.
  5. Kamu bergembira ria diatas punggungku, tapi kamu akan merasa susah dalam perutku.
  6. Kamu mengumpulkan barang haram diatas punggungku, tapi kamu hancur dalam perutku.
  7. Kamu sombong diatas punggungku, tapi kamu menjadi hina dan remeh didalam perutku.
  8. Kamu berjalan bersukaria diatas punggungku, tapi kamu jatuh kesedihan didalam perutku.
  9. Kamu berjalan dalam cahaya diatas punggungku, tapi kamu duduk dalam kegelapan yang gelap gulita dalam perutku.
  10. Kamu berjalan berjamaah diatas punggungku, tapi kamu duduk sendirian dalam perutku.
Disebutkan dalam riwayat, bahwasanya kubur itu setiap hari memanggil 3 kali :
  1. Aku menjadi rumah : orang yang tersendiri, binatang buas, kala dan ular
  2. Aku menjadi rumah yang gelap
  3. Aku menjadi rumah singgat
Diterangkan dalam riwayat yang lain, bahwasanya kubur setiap hari memanggil 5 kali :
  1. Aku rumah yang terpencil, maka hendaklah kamu senang membaca Al-Qur'an.
  2. Aku rumah yang gelap, maka terangilah aku dengan shalat malam.
  3. Aku rumah debu, bawalah aku seprei yaitu berupa amal shalih.
  4. Aku rumah ular, maka bawalah penawarnya, yaitu "Bismillahir Rahmaa nirrahim" dan mencucurkan air mata.
  5. Aku rumah pertanyaannya Munkar dan Nakir. Maka perbanyaklah membaca "LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMADUR RASUULULLAH" diatas punggungku, agar kamu dapat memberikan jawabannya.

"LAA ILAAHA ILLALLAH"

Sumber bacaan : "Berita Ghaib & Alam Akherat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel