LISAN SEORANG MUSLIMAH

Bismillahirahmanirrohim


Ya Allah, Hindarilah aku dari fitnah dunia ini dan masukkanlah aku kedalam  golongan  orang-orang yang selalu mengingatmu baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun dalam keadaan berbaring. amin Ya Rabbal alamin


Ya Allah, sebagai seorang istri, anak, Ibu, dan saudari, hamba menyadari begitu besar tanggungjawab hamba terhadap Suami, Orang Tua, anak-anak, beserta saudara-saudara. Karena itu Ya Allah jadikanlah hamba sebagai seorang yang selalu bersyukur atas rahmat dan karunia-Mu, dan jadikan lah hamba menjadi seorang yang mampu menjaga lisan karena lisan seorang perempuan bisa menyebabkannya terjerumus kedalam kebohongan yang membawa dirinya kedalam fitnah dunia.


Ya Allah, hamba menyadari sebagai seorang perempuan muslimah harus menjaga lisannya, seperti :
Selalu meringkaskan ucapan sesuai dengan maksud pembicaraan, berbicaralah hanya yang pantas-pantas saja.
Allah berfirman QS Qaaf 17-18 :
"(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir".


Memperbanyak membaca Al Quran dan berusaha menghafalnya semampu hamba agar mendapatkan pahala di hari akherat nanti, karena Al Quran adalah perkataan terbaik.
Allah berfirman dalam Al Quran, tentang perkataan yang terbaik adalah membaca Al Quran, seperti di dalam surat :

  1. "Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun." (QS Az Zumar : 23)
  2. "Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat." (QS Al An'am :155)
  3. "Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS  Al A'raaf :204)
Hendaklah seorang perempuan jangan terlalu banyak berkomentar karena bukanlah menjadi suatu kebaikan setiap hal yang didengar selalu dikomentari.
Nabi Muhammad Saw bersabda : "Cukuplah bagi orang itu disebut pembohong jika ia berbicara dengan setiap apa yang ia dengar." (HR. Muslim).

Jauhilah sifat Sombong dan berbangga diri dengan tujuan memperbanyak harta dan ketenaran dimata manusia. 
Allah berfirman QS Az Zumar 72 :
"Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri."

Jadikan perkataan selalu mengarah kepada kebajikan. Jika tidak, maka diam adalah lebih baik.
Rasulullah Saw bersabda :" Barangsiapa yang mengaku beriman kepada Allah Swt dan hari akhir, maka berkatalah yang baik, atau (kalau tidak bisa) diamlah." (HR. Bukhari)

Mempergunakan lidah yang merupakan karunia Allah untuk amar makruf nahi munkar dan dakwah kepada kebajikan. Memperbanyak Dzikrullah karena dengan Dzikrullah dapat melembutkan hati dan memelihara diri dari godaan syetan.
Allah berfirman dalam Al Quran, diantaranya  :
  1. "...Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari." (QS. Ali Imran :41)
  2. ".... dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung". (QS Al Jumuah : 10)
  3. "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS Ar Ra'd)
  4. "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." (QS Al Ahzab : 41)
Semoga Allah senantiasa melindungi hamba-hamba-Nya yang bersyukur dan senantiasa memberi petunjuk. Amin Ya Rabbal Alamin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel